Pengalaman Kerja Pertama

Assalamualaikum teman-teman...
Udah lama nggak buka Blog debunya udah tebal banget hehe... Maklumlah sekarang udah sibuk kerja ciee..(pencitraan)
Kesempatan kali ini saya mau cerita tentang pengalaman kerja pertama saya setelah lulus dari FKH Universitas Syiah Kuala, rasanya berkesan aja gitu jadi mau share ke teman-teman semua. Sesekali curhat masa ngepost pelajaran terus kan ya...✌
Oktober 2016 adalah stase terakhir saya koasistensi, saya mulai galau kedepannya gimana "kerja apa ya?" "jangan sempat nganggur deh malu", akhirnya semangat 45 browsing loker di internet, cari kontak kakak-kakak kelas yang udah kerja kali aja mereka punya informasi lowongan kerja yang mau menerima fresh graduate. Setelah beberapa hari pencarian berselancar di internet  masuk messanger dari kak Yohana Putri "dek ada loker coba tanya infonya sama bg Arya ya", dengan perasaan berbunga-bunga chat bang Arya Mirza Hutabarat via messanger. PT. Ciomas Adisatwa Medan Butuh drh Untuk posisi Supervisor Quality Control dan alamat email Personalianya udah dikantong tanpa basa-basi malam itu seperti malam ini (gak bisa tidur) cari berbagai referensi di internet untuk membuat surat lamaran, tadaa jadilah surat lamaran yang saat itu menurut saya adalah surat lamaran yang paling menarik, saya banget gitu "apa adanya".
Jumat 28 Oktober 2016 siang bolong cuss attch file sent. Senin 31 Oktober 2016 habis mandi ngeliat HP ada 2 panggilan tak terjawab dari nomor tak dikenal, saya kirim sms " maaf ini siapa ya?" langsung di telpon balik dan ternyata yang di seberang sana adalah Personalia PT. Ciomas Adisatwa Medan, diminta datang besok ke kantor untuk interview dengan penuh kehati-hatian saya menjelaskan bahwa 3 hari lagi saya akan yudisium penyumpahan dokter hewan saya minta pengunduran jadwal dan dengan penuh pengertian beliau mengatakan tolong hubungi kembali kalau yudisiumnya sudah selesai.
4 November 2016 hari bersejarah itu tiba saya disumpah dan sudah sah jadi dokter hewan, saya langsung memenuhi janji saya langsung nelpon Personalianya Ciomas, dikasih jadwal interview senin 6 November 2018. Saat itu saya lagi bantuin proyek penelitian Mikrobiologi pangan di kampus, trial sehari dengan kak Meybe Putri mahasiswa koasistensi asal Universitas Hasanuddin Makassar akhirnya dapat izin penelitiannya di back up kak Mey. Terimakasih utk drh.Nuna kak shanty dan kak Deli atas pengertiannya珞. Selesai trial penelitian jam 17:30 pulang ke kost mandi dan siap-siap ke terminal bus Sempati Star naik sepeda motor bareng adek saya Mala, dijalan kehujanan baju basah semua sampai di terminal jam 21:00 tiket yang tersisa hanya tiket VIP yang harganya lebih mahal banding tiket pesawat gak ada pilihan lain ini demi masa depan yang indah eaakk. Di bus dingin banget sempat muntah jg karna masuk angin efek kehujanan dan kelelahan pasca yudisium lanjut penelitian lanjut lagi otw medan tanpa jeda (ini juga pencitraan guys karna semakin terlihat menderita maka ratingnya semakin tinggi hahaha).
Paginya sampai Medan dengan senyum bahagia bermodalkan google Map search lokasi PT. Ciomas Adisatwa dan ternyata bukan di kota Medan tapi udah masuk kawasan deliserdang bro, sekitar 30 menit dari Medan Kota. Berhubung jauh jadi kepikiran untuk nginap di sekitaran perusahaan aja biar besoknya gak telat interview. Menuju lokasi ditemani adek sepupu Tammy Yasrifah Siregar naik angkot Tunas Baru, angkotnya bagus sih, yang jadi masalah adalah jalannya yang penuh lubang-lubang besar jadi sesekali kepala kita mental ke langit-langit waktu angkotnya masuk lobang sempat muntah 2x dulu baru sampai. Tadaa saya sudah di depan PT. Ciomas Adisatwa Medan

gak sesuai ekspektasi girl, bayangannya bakalan cari penginapan dekat disini ya biar besoknya gak telat, ternyata PT.Ciomas itu lokasinya di depan perkebunan tebu yang terhampar luas sejauh mata memandang haha... Jangankan penginapan kostan aja gak ada bro sepii.. Dengan kondisi seperti ini lemas mabuk darat gak mungkin balik lagi ke Medan dan gak mungkin juga besok naik angkot yang tadi lagi kesini pasti isi kepala ambyaarr saat interview. Beberapa saat menikmati kebingungan sambil tertawa geli tiba-tiba dihampiri Ibu-Ibu, cerita-cerita beberapa saat akhirnya ditawarin untuk nginap di rumahnya malam ini, alhamdulillah terima kasih ibu Poniem dan Ibu Misriani yang telah bersedia menampung kami semalaman.
Sampai di bagian inti, jam 07:45 udah stand by di pos security menukar KTP dengan kartu visitor. Menunggu lumayan lama hingga jam 09:00 baru dipanggil masuk ke dalam . Langsung menuju ruangan P&GA, kemudian diarahkan ke Meeting Room. Di sana saya disuruh mengisi aplication letter berwarna kuning, setalah itu saya di interview oleh Plant Manager Bapak Abdul Aziz Simamora, Personalia Pak Liat Hamonangan Pakpahan dan Head of QA Pak Muzammil. Interviewnya berlangsung dari jam 09:00 hingga jam 12:00, di penghujung waktu saya diberitahu akan dihubungi kembali via telepon atau email apabila lulus tahap interview. Plongg 
Selama menunggu kabar saya ngekost di dekat kantor Balai Veteriner Medan, pengangguran elit ngekost ditempat karyawan waktu itu profit online shop lagi tinggi2nya jadi selow-selow aja tinggal disitu...songong  anggap saja reward karena selama ini telah koas dengan penuh perjuangan (ini juga pencitraan).
Sesi menunggu ini buat saya gak ikut Wisuda Dokter Hewan karena saya takut nanti kalau saya pulang ke Banda Aceh nanti saya di hubungi lagi, kasihan mereka kalau harus menunggu saya untuk yang ke dua kalinya. Alhasil saya enggak dapat kalung yang ada lambang unsyiah gede warna gold dan gak dapat flash disk lambang FKH (ini intinya yg dicari bukan wisudanya haha.. Becanda ini hanya menghibur diri) walau ikut gak ikut wisuda wajib bayar juga, tapi ikhlas aja lahhh kan lagi berjuang untuk masa depan yang indah apa lagi ada yang selalu semangatin dan buat semangat (walau sekarang tinggal serpihan kenangan pahit) .
2 minggu berlalu, saya di hubungi lagi, diminta datang untuk mengambil surat pengantar test Psikotest di Pusat pelatihan Psikojob Medan Johor, sekitar 1 jam lebih dari kantor Ciomas. psikotestnya ada 4 tahap cuy soalnya gak sama dengan soal psikotest waktu test masuk SMA dan Kuliah, di sesi ke 3 listrik padam wuihh.. Gerah banget, akhirnya di pindah ke depan (mirip teras ato garasi gitu) ow ya timer nya pakai alaram jd kalau alaram udah bunyi kita disuruh pindah ke halaman berikutnya. Yang paling horor itu saat sesi terakhir soalnya pakai kertas warna putih dengan tulisan warna biru cerah, wew mata susah fokus rasanya, sementara soalnya nagih fokus total, gini nih salah satu contoh soalnya " kalau Canada merupakan bagian dari Amerika maka garis bawahi lah kata kedua terakhir dari kalimat ini, kalau "tidak" maka bubuhi pada akhir kalimat ini dengan tanda seru" nahh begitulah jenisnya mulai dri hitungan juga begitu modelnya, susah susah gampang kan . Kringggg selesai jugaa.. Mata jadi berbayangan beberapa saat ini efek hang atau lapar ya
2 minggu kemudian saya di telpon lagi diminta mengambil surat pengantar untuk test kesehatan ke Paramita Lab, di depan kantor Gubernur Sumut. Hari ini ditemani sahabat yang selalu ada deh. Habibah Annum Siregar. Sebelumnya saya diberitahu untuk puasa hingga check up selesi, disana saya general check up paket B, dimulai dari pemeriksaan kesehatan fisik, pengambilan sampel darah dan urin, rontgen Thorax, pemeriksaan kesehatan gigi dan mata. Sekitar 1.5 jam semua test selesai dan waktunya makaann
1 minggu kemudian saya diminta datang ke kantor Ciomas untuk interview (lagi).
Kali ini interview nya menyenangkan karna ada pertanyaan "mau gaji berapa?" haha, hari ini hari berjabat tangan bahwa saya resmi jadi karyawan PT. Ciomas Adisatwa Medan, secara administrasi saya join di tanggal 11 Januari 2017.
Terima kasih PT. Ciomas Adisaatwa Medan telah memberikan kesempatan kepada saya.
Oh ya.. PT. Ciomas itu bergerak di bidang Poultry Processing (RPA) dan further process ( produk olahan asal daging ayam), jadi Ciomas merupakan suplier daging ayam segar dengan kualitas tinggi yang kualitasnya diawasi oleh dokter hewan dan terjamin Aman, Sehat, Utuh dan Halal dengan brand Best Chicken. Sosis Premio smoke flavour, Tora duo, BCS, BC sosis ayam, bakso dan kornet..
Satu lagii... Ada Meat Shop nya juga loh yang udah tersebar di beberapa tempat di kota Medan dengan brand "Best Meat".


Gitu ceritanya 😄, bisa jadi referensi ya bagi yang nyari daging ayam sehat berkuakitas dan produk olahannya.

Saya mulai Nguantukkk... See u next time my Blog

Comments

Popular posts from this blog

PROSES PEMBUATAN KECAP contoh BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL

Dampak Positif dan Negatif Kloning